Summary: Chapter 4-6 of Customer Relationship Management Book


Image result for crm book francis buttle 

Retensi pelanggan adalah pemeliharaan hubungan perdagangan yang berkelanjutan dengan pelanggan dalam jangka waktu yang panjang.

Terdapat argumen ekonomi yang kuat dalam mendukung retensi pelanggan, yaitu:

1.             Peningkatan pembelian sebagai pertumbuhan.
2.             Penurunan biaya manajemen pelangan.
3.             Referensi pelanggan.
4.             Harga premium.

Kondisi ini menunjukkan bahwa pelanggan tetap lebih menguntungkan dibandingkan pelanggan baru.


Prinsip penting dari manajemen pelanggan modern adalah perusahaan harus mengerti pelanggan dan memastikan kepuasan dan kesetiaan pelanggan. Kepuasan pelanggan terjadi ketika persepsi pelanggan dari pengalaman mereka melakukan bisnis dengan anda melewati harapan. Dalam formula: CD = P > E, dimana CD = kepuasan pelanggan, P = Persepsi performa, dan E = Ekspektasi. Formula­­ ini menunjukan bahwa kepuasan pelanggan dapat dipengaruhi oleh dua hal: dengan manajemen ekpektasi atau manajemen performa. 

Analisis Kano menyarankan bahwa konsumen dapat dipuaskan dengan dua cara yaitu dengan meningkatkan kualitas melewati ekspektasi dan membuat kualitas yang inovatif dan menarik.

 
Gambar 1. Model Kano untuk Menciptakan Kepuasan Pelanggan
 

  

Share:

0 komentar