Journal Review: Credit Ranking of Bank Customers (An Integrated Model of RFM, FAHP and K-means)
Dalam jurnal ini, tiga metode bernama RFM, FAHP dan
K-means diintegrasikan dengan tujuan untuk mengurutkan kredit konsumen. Faktor
efektif utama pada pengurutan konsumen termasuk variabel transaksi, pembayaran kembali
dan RFM (Recency, Frequency dan Monetary) ditentukan. Untuk pengklasifikasian
konsumen legal dari Pengembangan Ekspor Bank Iran dalam terminologi kredit, 5
variabel diekstrak dari database bank dan dinormalkan. Bobot dari setiap
variabel dikalkulasikan melalui wawancara ahli bank menggunakan FAHP. Dengan
menggunakan nilai dari variabel dan alogaritma K-means, kelompok oprimal dari
konsumen ditentukan. Akhirnya, konsumen bank diurutkan dalam 5 kredit dan nilai
dari setiap kelompok diestimasi.
Berdasarkan penelitian, variabel interval waktu sejak terakhir
customer melakukan transaksi, kebiasaan pembayaran ulang, transaksi, frekuensi
dan moneter memiliki dampak maksimum terhadap urutan pelanggan. Oleh karena
itu, 54% dari konsumen masuk ke dalam kelompok ketiga (dengan nilai kelompok
0,95) dan kelompok kelima (dengan nilai kelompok 0,76) dikomposisikan dalam
kelompok baik dan sangat baik. Risiko kredit dari kedua kelompok (terutama
kelompok ketiga) adalah paling sedikit. 32% konsumen diposisikan dalam kelompok
kedua (dengan nilai kelompok 0,59) termasuk rata-rata konsumen dalam
terminologi kredit. 14% dari konsumen masuk ke dalam kelompok keempat dan
pertama dengan nilai kelompok 0,42 dan 0,26 termasuk konsumen dengan risiko
tertinggi.
0 komentar