Journal Review: Credit Ranking of Bank Customers (An Integrated Model of RFM, FAHP and K-means)



Dalam jurnal ini, tiga metode bernama RFM, FAHP dan K-means diintegrasikan dengan tujuan untuk mengurutkan kredit konsumen. Faktor efektif utama pada pengurutan konsumen termasuk variabel transaksi, pembayaran kembali dan RFM (Recency, Frequency dan Monetary) ditentukan. Untuk pengklasifikasian konsumen legal dari Pengembangan Ekspor Bank Iran dalam terminologi kredit, 5 variabel diekstrak dari database bank dan dinormalkan. Bobot dari setiap variabel dikalkulasikan melalui wawancara ahli bank menggunakan FAHP. Dengan menggunakan nilai dari variabel dan alogaritma K-means, kelompok oprimal dari konsumen ditentukan. Akhirnya, konsumen bank diurutkan dalam 5 kredit dan nilai dari setiap kelompok diestimasi.

Berdasarkan penelitian, variabel interval waktu sejak terakhir customer melakukan transaksi, kebiasaan pembayaran ulang, transaksi, frekuensi dan moneter memiliki dampak maksimum terhadap urutan pelanggan. Oleh karena itu, 54% dari konsumen masuk ke dalam kelompok ketiga (dengan nilai kelompok 0,95) dan kelompok kelima (dengan nilai kelompok 0,76) dikomposisikan dalam kelompok baik dan sangat baik. Risiko kredit dari kedua kelompok (terutama kelompok ketiga) adalah paling sedikit. 32% konsumen diposisikan dalam kelompok kedua (dengan nilai kelompok 0,59) termasuk rata-rata konsumen dalam terminologi kredit. 14% dari konsumen masuk ke dalam kelompok keempat dan pertama dengan nilai kelompok 0,42 dan 0,26 termasuk konsumen dengan risiko tertinggi.

Share:

0 komentar