Journal Review: A Study of e-Government Business Model with Customer Relationship Management Driven in Taiwan
![Image result](http://www.happyfox.com/blog/wp-content/uploads/2013/11/Top_CRMs.jpg)
Studi ini menguji hubungan antara
kesediaan Customer Relationship
Management (CRM), model bisnis e-Government
dan customer equity untuk
mengindikasi tindakan yang seharusnya dilakukan dalam model bisnis e-Gov yang
berfokus pada masyarakat. Berdasarkan konsep, studi ini menggunakan kuisioner
untuk menganalisis pengaruh dari kesediaan CRM (manajemen blueprint, manajemen perubahan, sumber daya manusia, manajemen
proses, sumber daya ICT) dalam model bisnis e-Gov (inovasi administrasi,
hubungan pelanggan, layanan infrastruktur, alokasi sumber daya) dan efek dari
model bisnis e-Gov yang berfokus pada masyarakat melalui customer equity (nilai, merek, hubungan).
Hasil dapat
mengidentifikasi level dari kesediaan CRM di Taiwan dan memperbaiki proses layanan
untuk model bisnis e-Gov dengan perspektif CRM. Studi menemukan bahwa: 1.
Pemerintah dapat meningkatkan efek dari model bisnis e-Gov melalui kesediaan
CRM. 2. Keberlangsungan customer equity
dapat ditransformasikan melalui model bisnis e-Gov. 3. Partisipasi CRM dan
berbagi pengalaman dapat diperluas melalui mekanisme pembelajaran kehidupan
untuk pegawai pemerintah.
0 komentar