Journal Review: A Study of e-Government Business Model with Customer Relationship Management Driven in Taiwan



Image result

Studi ini menguji hubungan antara kesediaan Customer Relationship Management (CRM), model bisnis e-Government dan customer equity untuk mengindikasi tindakan yang seharusnya dilakukan dalam model bisnis e-Gov yang berfokus pada masyarakat. Berdasarkan konsep, studi ini menggunakan kuisioner untuk menganalisis pengaruh dari kesediaan CRM (manajemen blueprint, manajemen perubahan, sumber daya manusia, manajemen proses, sumber daya ICT) dalam model bisnis e-Gov (inovasi administrasi, hubungan pelanggan, layanan infrastruktur, alokasi sumber daya) dan efek dari model bisnis e-Gov yang berfokus pada masyarakat melalui customer equity (nilai, merek, hubungan). 

Hasil dapat mengidentifikasi level dari kesediaan CRM di Taiwan dan memperbaiki proses layanan untuk model bisnis e-Gov dengan perspektif CRM. Studi menemukan bahwa: 1. Pemerintah dapat meningkatkan efek dari model bisnis e-Gov melalui kesediaan CRM. 2. Keberlangsungan customer equity dapat ditransformasikan melalui model bisnis e-Gov. 3. Partisipasi CRM dan berbagi pengalaman dapat diperluas melalui mekanisme pembelajaran kehidupan untuk pegawai pemerintah.

Share:

0 komentar